Buku Bahasa Indonesia Kelas 1 SD


Buku Sekolah Elektronik (BSE) disusun untuk membantu para siswa dan guru dalam proses belajara mengajar. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada sekolah dasar kelas 1. Oleh karena itu BSE pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD Kelas 1 ini disusun. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung proses penyusunan buku ini.

Berbahasa sebenarnya adalah berkomunikasi. Salah satu tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah agar siswa terampil berbahasa. Keterampilan berbahasa merupakan satu kesatuan kompetensi yang meliputi menyimak, membaca, berbicara, dan menulis.

BSE SD Pelajaran Bahasa Indonesia ini disusun untuk mengarahkan siswa agar mampu berkomunikasi yang memenuhi empat aspek keterampilan tersebut. Siswa sebagai subjek pembelajaran diarahkan untuk dapat belajar mandiri, baik secara individual maupun berkelompok. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat berkomunikasi dan meng ekspresikan diri menggunakan bahasa Indonesia secara tulis maupun lisan. Oleh karena itu, dalam buku ini terdapat berbagai macam latihan yang mendukung keterampilan tersebut.

Berbagai macam tema sehari-hari diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran Bahasa Indonesia agar menyenangkan. Mulai dari diri sendiri, keluarga, sekolah, teman, dan benda-benda yang ada di sekitar mereka. Materi dapat dikembangkan sesuai lingkungan masing-masing.

Penguasaan kompetensi oleh siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia pun dilakukan secara gradual. Penempatan setiap kompetensi dasar diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan masing-masing kompetensi. Dengan demikian, penguasaan konsep oleh siswa berjalan secara bertahap, dari konsep yang mudah, kemudian baru dilanjutkan pada konsep yang lebih sulit, dan seterusnya. Setiap kompetensi dasar diberikan secara terpadu dengan kompetensi lain yang harus dikuasai oleh siswa.

Akhir kata, kami berharap BSE Bahasa Indonesia ini dapat membantu dan melengkapi proses pembelajaran bahasa Indonesia. Kami juga menyadari bahwa penulisan buku ini tidak luput dari kekurangan. Maka, kami sangat mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan dan penyempurnaan buku Pelajaran Bahasa Indonesia ini.

Semoga BSE Bahasa Indonesia ini dapat berguna bagi para siswa, orang tua dan para guru. Kepada siswa kami ucapkan selamat belajar dan pergunakanlah Buku Bahasa Indonesia ini sebaik-baiknya agar dapat menambah ilmu dan wawasan. 

Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 1 SD di bawah ini :

1 Response to "Buku Bahasa Indonesia Kelas 1 SD"