Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD


Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran wajib di Sekolah Dasar. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia diharapkan siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa nasional secara baik dan benar. Dengan bahasa Indonesia maka kita bisa berbicara dengan teman-teman dari berbagai daerah di indonesia, walaupun berbeda suku dan budaya.

BSE pelajaran bahasa Indonesia ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan sudah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Buku teks pelajaran bahasa Indonesia ini dapat didownload secara gratis, digandakan, dicetak, dialih mediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. 

Tujuan Penulisan Sistematika Buku Pelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia secara lisan maupun tertulis. Selain itu, bertujuan untuk membina siswa agar dapat mengapresiasikan sastra dengan baik.

Buku Bahasa Indonesia ini disusun secara sistematis dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Khusus untuk kelas 4, 5, dan 6 ditambahkan peta konsep. Adapun bagian-bagian buku adalah sebagai berikut.

1. Peta Konsep

Peta konsep yang disajikan merupakan gambaran hubungan antara satu konsep dengan konsep lainnya. Selain itu, peta konsep memberikan gambaran kepada para siswa tentang apa yang akan dipelajari.

2. Manfaat Belajar

Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbahasa Indonesia, sesuai dengan tujuan pencapaian standar kompetensi. Selain itu, menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri.

3. Uraian Materi

Uraian materi berisi informasi yang mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Uraian materi disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh para siswa.

4. Tugas dan Latihan

Tugas dan latihan berisi ajakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan menguji seberapa jauh kemampuan siswa memahaminya.

5. Rangkuman dan Refleksi

Rangkuman disajikan dengan kalimat yang ringkas dan jelas agar memudahkan para siswa mengingat hal-hal penting secara keseluruhan.

Rangkuman juga memudahkan peserta didik memahami keseluruhan isi bab. Refleksi disajikan untuk memuat sikap dan perilaku yang harus diteladani oleh para siswa.

6. Evaluasi Akhir

Evaluasi akhir disajikan dalam bentuk yang bervariasi, agar para siswa mengetahui seberapa jauh
kompetensi yang telah dicapainya.

7. Glosarium

Glosarium berisi istilah-istilah penting yang terdapat di dalam teks, dilengkapi penjelasan arti istilah, dan diurutkan secara alfabetis.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka sebagai rujukan penulisan buku.

9. Indeks

Indeks merupakan daftar katakata penting yang terdiri dari indeks subjek dan indeks pengarang. Indeks ditulis dengan diikuti nomor halaman kemunculannya dalam buku.

Cara Belajar

Cara belajar menekankan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan bahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Para siswa dapat memahami informasi yang ada pada buku melalui keterangan guru. Para siswa juga dapat bertanya kepada guru mengenai tugas, kegiatan, dan evaluasi yang kurang di mengerti.

Download Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD di bawah ini :

0 Response to "Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 SD"

Posting Komentar