Cara Hewan Berkembang Biak

PelajaranSD.org - Setiap hewan memiliki kemampuan ber kembang biak. Dengan berkembang biak, hewan-hewan tersebut dapat melestarikan keturunan nya. Tahukah kamu, bagaimana cara hewan-hewan ber kembang biak? Untuk mengetahuinya, coba kamu cari informasi tentang cara perkembangbiakan kucing, ayam, burung, ikan, katak, dan sapi. Setelah itu, golongkan hewan-hewan tersebut, manakah yang berkembang biak secara bertelur dan secara melahirkan.

1. Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur ini disebut ovipar. Ayam dan jenis burung lainnya berkembang biak secara ovipar. Berapa lamakah waktu yang diperlukan induk ayam untuk mengerami telurnya? Untuk menjadi anak ayam, telur dierami selama 21 hari. Apakah kamu dapat menyebutkan hewan ovipar lainnya? Samakah waktu yang diperlukan hewan lain untuk mengerami telurnya hingga menetas? Mari, kita perhatikan tabel berikut ini!

Lama Pengeraman Telur
Lama Pengeraman Telur

2. Perkembangbiakan Hewan Secara Vivipar

Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Sapi, kucing, dan gajah adalah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara me lahirkan disebut vivipar. Kelompok hewan ini biasanya berambut dan memiliki daun telinga. Jika hewan ovipar mengerami telurnya, hewan betina vivipar mengalami proses kehamilan sebelum melahirkan anaknya. Pada proses kehamilan yang terjadi di rahim ini, embrio terus berkembang. Embrio mendapat makanan dari induknya yang dibawa oleh darah melalui plasenta. Apakah lama kehamilan setiap hewan vivipar sama? Perhatikan tabel berikut ini!

Lama Kehamilan Beberapa Hewan
Lama Kehamilan Beberapa Hewan

3. Perkembangbiakan Hewan Secara Ovovivipar

Menurutmu, adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Perhatikan gambar ini!


Tidak selamanya ular melahirkan anaknya. Kadang-kadang pada saat mengeluarkan anak-anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telur nya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara seperti itu disebut ovovivipar. Contoh hewan ovovivipar lainnya adalah kadal dan hiu.

Cara perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur, melahirkan, serta bertelur-melahirkan termasuk pada per kembang biakan secara generatif. Hewan-hewan yang berkembang biak secara generatif dapat dibedakan antara jantan dan betinanya. Perkembangbiakan generatif didahului dengan perkawinan. Perhatikan gambar dibawah ini!


Perkawinan pada hewan biasanya didahului dengan tingkah laku tertentu. Beberapa hewan ada yang melakuka tarian, membuat sarang, berpelukan, berkejaran, bernyanyi, dan memamerkan keindahan tubuhnya. Perhatikan gambar berikut ini!

Bagaimana dengan hewan-hewan yang tidak dapat dibedakan jantan dan betinanya, seperti Amoeba, cacing Planaria, dan Hydra? Hewan-hewan tersebut ber kem bang biak tanpa melalui perkawinan dan pembuahan. Cara perkembangbiakan seperti ini disebut perkembangbiakan vegetatif. Perhatikan gambar berikut ini!


Amoeba dan cacing Planariaberkembang biak dengan cara membelah diri. Adapun Hydra berkembangbiak dengan cara ber tunas. Dengan cara ini, mereka dapat memperbanyak diri. Berapa banyak individu yang akan menjadi individu baru pada gambar diatas tersebut.

(Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas VI, Penulis Mulyati Arifin, Mimin Nurjhani K., dan Muslim)

0 Response to "Cara Hewan Berkembang Biak"

Posting Komentar