Cara Tumbuhan Berkembang Biak

PelajaranSD.org - Ada dua cara perkembangbiakan tumbuhan, yaitu cara generatif dan cara vegetatif. Perkembangbiakan dengan cara generatif ditandai dengan adanya penyerbukan atau pembuahan. Tumbuhan yang memiliki bunga merupakan tumbuhan yang berkembang biak melalui pem buahan. Gambar dibawah ini menunjukkan contoh tumbuhan yang memiliki bunga.


Masih ingatkah kamu, apa yang diperlukan agar pembuahan terjadi? Kerja sama individu betina dan individu jantan dibutuhkan untuk itu. Bagaimana dengan tumbuhan? Tentu saja, tumbuhan tersebut harus memiliki jenis kelamin yang berbeda. Apakah jenis kelamin pada tumbuhan sama dengan jenis kelamin pada hewan?

Tumbuhan memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakan. Seperti halnya hewan, tumbuhan memiliki alat kelamin tumbuhan. Mari, kita amati Gambar dibawah ini!


Putik merupakan alat kelamin betina, sedangkan benang sari merupakan alat kelamin jantan. Pada benang sari terdapat serbuk sari. Tidak semua bunga memiliki putik dan benang sari. Ada bunga yang hanya memiliki putik atau disebut dengan bunga betina. Ada pula yang hanya memiliki benang sari atau disebut dengan bunga jantan. Bunga yang memiliki putik dan benang sari disebut bunga hermafrodit.

Pembuahan pada tumbuhan diawali dengan pe nyerbukan. Peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik disebut penyerbukan. Penyerbukan yang terjadi di tanaman yang sama disebut penyerbukan sendiri. Adapun penyerbukan silang yang terjadi pada tanaman berumah dua. Tanaman berumah dua hanya memiliki satu macam bunga, bisa jantan atau betina saja. Bagaimanakah proses penyerbukan tersebut? Amati gambar dobawah ini!


Angin, serangga, burung, air, dan bahkan manusia dapat membantu tumbuhan melakukan proses penyerbukan. Perhatikan gambar berikut!


Setelah penyerbukan, terjadilah pembuahan. Bagaimana terjadinya pembuahan pada tumbuhan? Apakah akan dihasilkan telur atau anak seperti halnya hewan? Pembuahan pada tumbuhan akan menghasilkan biji. Kemudian, biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Biji pada tumbuhan ada yang tertutup oleh daging buah, tertutup oleh kulit biji, dan ada pula yang telanjang.


Tumbuhan tidak selalu harus mengalami proses pem buahan untuk memperbanyak keturunan. Beberapa jenis tumbuhan ada yang dapat diperbanyak dengan cara menanam tunas, batang, atau daunnya. Dari potongan bagian tumbuhan inilah individu baru tumbuh. Cara perkembangbiakan seperti itu dinamakan cara vegetatif. Ada dua jenis cara vegetatif, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Vegetatif alami terjadi tanpa campur tangan manusia. Contohnya adalah umbi batang, umbi lapis, geragih, akar tinggal, anakan, dan tunas adventif. Perhatikan gambar berikut.


Contoh tumbuhan yang dapat berkembang biak secara vegetatif alami dapat kamu lihat pada tabel berikut!


Perkembangbiakan tanaman dengan cara vegetatif buatan melibatkan campur tangan manusia. Perkembangbiakan tanaman secara vegetatif buatan dapat dilakukan dengan cara setek, cangkok, dan merunduk. Bagaimanakah ketiga perkembangbiakan itu dilakukan? Mari, perhatikan gambar cara menyetek tanaman berikut.


Sekarang, kamu telah mengetahui bagaimana cara menyetek. Ayo, bersama teman sekelompokmu lakukanlah penyetekan pada tumbuhan yang kamu sukai. Ingat, tidak semua tumbuhan dapat disetek. Pohon singkong, tebu, kangkung, teh, dan jambu batu adalah tumbuhan yang dapat diperbanyak dengan cara setek.

Bagaimanakah cara memperbanyak tumbuhan dengan cara merunduk? Merunduk artinya mem bengkokkan batang tumbuhan hingga menyentuh tanah. Pembengkokkan batang tersebut dibuat permanen (tetap). Lama-kelamaan, pada batang yang menyentuh tanah tersebut tumbuh akar. Setelah akarnya cukup banyak dan cukup kuat untuk dipisahkan dari induknya, batang tersebut dapat dipotong. Potongan batang tersebut dapat ditanam di tempat yang lain. Seperti halnya menyetek, tidak semua tumbuhan dapat diperbanyak dengan cara merunduk.

Tebu, anyelir, krisan, apel, dan jeruk nipis dapat diperbanyak dengan cara merunduk. Cara perkembangbiakan tumbuh an secara vegetatif lainnya adalah dengan mencangkok. Ingin tahu bagaimana cara mencangkok? Perhatikan gambar dibawah ini!

Apakah kamu sudah memahami cara mencangkok? Jika masih ada yang belum mengerti, diskusikan dengan teman sekelompokmu atau gurumu. Apakah semua tumbuhan dapat dicangkok? Anggur, markisa, sukun, jeruk nipis, apel, lada, dan jambu batu adalah contoh tumbuhan yang dapat diperbanyak dengan cara cangkok.

(Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas VI, Penulis Mulyati Arifin, Mimin Nurjhani K., dan Muslim)

0 Response to "Cara Tumbuhan Berkembang Biak"

Posting Komentar