Kegiatan Manusia yang Dapat Mengganggu Keseimbangan Lingkungan

PelajaranSD.org - Manusia sebagai salah satu komponen lingkungan akan hidup tenang dan aman jika lingkungan berada dalam keadaan seimbang. Namun, karena ulah sebagian orang yang kurang bertanggung jawab bencana alam pun mengusik ketenangan hidup manusia.

Diantara tindakan manusia tersebut adalah pembuangan limbah yang menimbulkan pencemaran. Selain itu, eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan sering mengakibatkan rusaknya lingkungan, bencana longsor, banjir, wabah penyakit, dan punahnya beberapa jenis tumbuhan dan hewan.

Bagaimanakah upaya yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengurangi hal-hal tersebut? Mari kita lanjutkan membacanya!

1. Pembuangan Limbah Rumah Tangga

Seandainya kamu sering membantu ibu mencuci piring kotor. Agar hasil cucian bersih, kamu biasa menggunakan bahan kimia yang disebut detergen bukan?


Detergen ini memudahkan kotoran terlepas dari benda. Untuk menggunakannya, detergen tersebut dilarutkan terlebih dahulu dalam air. Pakaian kotor, mobil, dan motor juga dibersihkan dengan me manfaatkan detergen.

Setelah mencuci, air cucian yang mengandung de tergen dibuang. Jika air cucian tersebut dibuang ke sungai, di mana hewan dan tumbuhan air tinggal, apa yang akan terjadi?

Sisa detergen yang dibuang ke sungai dapat dikatakan sebagai limbah cair. Masuknya limbah ke sungai menyebabkan jumlah oksigen di dalam air menurun. Akibatnya sejumlah hewan air (terutama ikan) akan kesulitan bernapas. Gejala ini ditandai dengan banyaknya gerakan insang pada ikan. Jika hal ini dibiarkan, ikan akan mati. Selain itu, pencemaran air akan mengakibatkan rantai makanan terganggu karena salah satu komponennya mati.

2. Penggunaan Pupuk dan Pestisida

Selain detergen, bahan kimia lainnya yang dapat mengganggu lingkungan adalah pupuk dan pestisida. Bahan kimia tersebut sebenarnya bermanfaat. Akan tetapi, jika penggunaannya berlebihan dapat mengganggu lingkungan. Bagaimana pupuk dapat mengganggu lingkungan? Pupuk dapat menyuburkan tanaman dan tumbuhan liar di sekitar tanaman pertanian.

Eceng gondok hidup di perairan, seperti di danau, kolam atau sungai. Awalnya, di sungai tersebut hanya dijumpai sedikit eceng gondok. Namun, karena adanya limbah pupuk yang dibuang ke sungai tersebut, eceng gondok tumbuh dengan pesat.

Eceng gondok tersebut tumbuh memenuhi seluruh permukaan air. Akibatnya, berbagai hewan yang hidup di sungai tersebut akan kesulitan bergerak.

Selain itu, mereka akan kesulitan mendapatkan oksigen untuk bernapas. Banyak hewan air yang mati kekurangan oksigen. Bagaimana dengan pestisida? Pestisida yang semula dimanfaatkan untuk membunuh hama, dapat pula membunuh serangga. Contohnya kepik yang bermanfaat membunuh hama akan terbunuh pula.

Penyemprotan pestisida yang berlebihan pun dan tidak sesuai prosedur akan mengakibatkan pencemaran tanah. Pencemaran tanah dapat membunuh cacing tanah yang berguna untuk menyuburkan tanah. Dengan terbunuhnya cacing, kegemburan tanah menurun. Selain itu, hewan pemakan cacing akan kehilangan sumber makanannya. Akhirnya, hal ini dapat memutuskan rantai makanan yang ada pada lingkungan tanah. Bagaimana dengan keseimbangan lingkungan di hutan?

3. Perusakan Hutan

Hutan menyediakan berbagai kebutuhan makhluk hidup, terutama bagi manusia. Namun, manusia pun dapat bertindak sebagai perusak hutan. Kegiatan penebangan liar untuk membuka lahan baru dapat mengancam keseimbangan di hutan. Bahkan perburuan liar yang semakin marak mengancam kelestarian jenis hewan dan tumbuhannya. Padahal, hutan berperan dalam menjaga kestabilan lingkungan di Bumi. Apakah kamu pernah mendengar slogan "hutan sebagai paru-paru dunia"?

Banyaknya tumbuhan di hutan menyediakan kebutuhan oksigen bagi hewan dan manusia. Fungsi lainnya adalah dengan kondisi hutan yang baik, erosi dan banjir dapat dicegah. Nah, apa yang akan terjadi jika hutan banyak dirusak? Diskusikanlah hal ini bersama guru dan teman-temanmu.

(Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas VI, Penulis Mulyati Arifin, Mimin Nurjhani K., dan Muslim)

0 Response to "Kegiatan Manusia yang Dapat Mengganggu Keseimbangan Lingkungan"

Posting Komentar