Pentingnya Pelestarian Jenis Makhluk Hidup


PelajaranSD.org - Perhatikan gambar diatas! Ular pemakan tikus ini hidup di sawah. Jika ular sawah musnah, tikus kehi la ngan pemangsa. Akibatnya, padi yang siap dipanen akan habis dimakan tikus. Kerugian yang diderita manusia dapat langsung dirasakan dampaknya. Akan tetapi, ada juga yang tidak langsung dapat dirasakan.

Musnahnya harimau dari pulau Jawa tidak kita rasakan kerugiannya. Akan tetapi, kita memerlukan nya sebagai kekayaan hayati. Ada pula kerugian yang kita alami karena hilangnya jenis hewan atau tumbuhan tertentu yang diperlukan untuk obat. Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan jenis hewan atau tumbuhan tertentu? Coba kamu cari informasi bersama teman-temanmu. Kemudian, diskusikan bersama gurumu.

Kawasan yang dijadikan hutan lindung tidak hanya hutan hujan tropis. Akan tetapi, jenis hutan lainnya dilindungi. Yang dipilih sebagai hutan lindung adalah hutan yang berpengaruh baik pada tanah, lingkungan, dan tata air. Hutan lindung yang terganggu menimbulkan bencana, seperti banjir, erosi, dan kekeringan.

(Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas VI, Penulis Mulyati Arifin, Mimin Nurjhani K., dan Muslim)

0 Response to "Pentingnya Pelestarian Jenis Makhluk Hidup"

Posting Komentar