Jenis Hewan dan Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan

PelajaranSD.org - Hewan atau tumbuhan langka merupakan hewan dan tumbuhan yang jumlahnya tinggal sedikit. Dengan kata lain, sudah semakin sulit untuk ditemukan. Beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka, di antaranya badak bercula satu, gajah sumatra, harimau sumatra, burung merak, ikan duyung, orang utan, bunga bangkai, jambu mawar, dan bunga anggrek. Sementara itu, harimau jawa dan harimau bali telah mengalami kepunahan.


Berbagai jenis hewan dan tumbuhan langka lain dapat kamu ketahui jika kamu bertanya ke organisasi yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan konservasi. Apa yang menyebabkan mereka menjadi langka?

Hewan semakin kehilangan habitatnya karena hutan ditebangi atau dibakar. Kehidupan hewan pohon, seperti orang utan sangat terancam karena ia bergantung pada bunga dan buah pohon besar di hutan hujan tropis. Organisasi konservasi sedunia berusaha menghentikan perusakan hutan hujan tropis untuk menyelamatkan monyet dan ribuan makhluk hidup lainnya.

Ada beberapa penyebab makhluk hidup jenis tertentu menjadi langka. Penyebabnya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu yang alami dan yang disebabkan oleh perbuatan manusia. Penyebab kelangkaan yang bersifat alami, antara lain bencana alam, seperti gunung meletus, banjir, gempa bumi, dan kemarau panjang. Akibatnya, terjadi perubahan keadaan tempat hidup hewan atau tumbuhan. Bahkan melenyapkan sumber makanan mereka. Penyebab kelangkaan akibat perbuatan manusia, antara lain pembukaan lahan untuk dibuat jalan, tempat tinggal, atau perkebunan. Selain itu, ada pula usaha perburuan hewan dan penjualan hewan atau tumbuhan.

Hal ini dipicu oleh harga jualnya yang sangat tinggi. Untuk mencegah punahnya suatu jenis hewan atau tumbuhan dapat dilakukan berbagai usaha. Misalnya, memindahkan mereka ke cagar alam, suaka margasatwa, maupun hutan lindung. Membantu mereka berkembang biak melalui usaha budi daya tanaman atau hewan langka juga dapat dilakukan. Pemerintah suatu negara juga harus menciptakan peraturan yang melindungi keberadaan hew an maupun tumbuhan langka. Jika peraturan itu dilanggar, hukumannya harus berat.

(Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas VI, Penulis Mulyati Arifin, Mimin Nurjhani K., dan Muslim)

0 Response to "Jenis Hewan dan Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan"

Posting Komentar